Tips agar semangat dalam memulai hari

Banyak cara untuk membuat diri kita selalu semangat menyambut hari, tiap orang mungkin punya cara sendiri sendiri. Salah satu diantaranya adalah seperti apa yang saya lakukan berikut ini, yaitu mencoba menulis nikmat yang kita rasakan pagi ini setelah bangun tidur di pagi hari. Tulis 9 hal saja dari tak terhitung banyaknya nikmat yang telah kita rasakan mulai dari bangun pagi.

khazanah-mensyukuri-nikmat-dan-menikmati-syukur-387-l

Namun perlu digaris bawahi bahwa maksud saya menghitung nikmat itu bukanlah menghitung sebagaimana orang yang kikir yang menghitung hitung bayaran yang telah dia terima, bukan.. bukan begitu maksud saya. Saya melakukan ini sebagai upaya bagi diri saya agar selalu mensyukuri nikmat yang selalu saya terima setiap harinya sehingga menjadikan saya selalu bersemangat untuk memulai hari.

Berikut saya coba tulis nikmat apa yang telah Allah karuniakan kepada saya pagi ini :

1. Alhamdulillah, saya bisa tidur dengan nyenyak semalam (coba bayangkan jika saya semalaman hanya bisa kethap kethip gak bisa tidur he..he..)
2. Alhamdulillah, saya bangun tepat waktu jam 4 sebagaimana saya rencanakan. Sering saya berencana bangun pagi namun begitu bangun cuman matiin weker kemudian balik tidur lagi :p
3. Alhamdulillah, saya digerakkan oleh Allah untuk segera sholat subuh (seringkali saya malas malasan dulu, tapi pagi ini tidak demikian)
4. Alhamdulillah, saya bisa tidur lagi sebentar setelah sholat subuh dan kemudian bangun jam 6 kurang sedikit untuk selanjutnya mulai mendengarkan kuliah subuh di radio (maklum semalam habis begadang jadi perlu tidur dikit lagi he..he..)
5. Alhamdulillah, internet pagi ini cukup lancar sehingga saya bisa mendengarkan kuliah subuh MQ FM via radio streaming
6. Alhamdulillah, setelah selesai mendengarkan radio streaming saya ditelpon anak di rumah via video call sehingga menambah semangat saya pagi ini
7. Alhamdulillah, sekali lagi karena internet saat video call bagus sehingga saya bisa berbicara dengan anak dengan cukup leluasa dan tidak banyak jeda
8. Alhamdulillah, rupanya hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun anak  saya yang pertama Fikri, sehingga saya bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Fikri dan bercengkerama via vide call dengannya tentang hadiah ulang tahun yang diperolehnya dari mama dan adiknya.
9. Alhamdulillah, saya dan juga keluarga diberi kesehatan padahal pada hari yang sama ini mungkin masih ada saudara kita di luar sana yang saat bangun pagi mereka sedang berada di rumah sakit atau yang lainnya.

Alhamdulillah… Segala puji bagi Allah Yang Maha Memelihara.
Dengan cara menulis 9 nikmat ini saya bisa lebih bijak dan semangat untuk memulai hari.
Bagaimana dengan anda ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s