Untuk ku… Bacalah ini !

“Never have I dealt with anything more difficult than my own soul, which sometimes helps me and sometimes opposes me” — Imam Al-Ghazali —

Tujuan saya menulis tulisan ini sebenernya untuk menasehati serta menyemangati diri saya sendiri dan juga sekaligus salah satu upaya saya belajar menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya sehingga bisa tersalurkan dan tidak hanya mengendap dalam kepala saja atau bahkan justru menghilang seiring kapasitas memori kepala yang sudah terlampaui. Setidaknya saat saya mulai malas menulis kemudian saya membaca tulisan ini, maka saya akan teringat kembali bahwa saya pernah punya niatan dan cita – cita “agung” (setidaknya bagi saya pribadi) yang perlu dijaga keberlanjutannya dan perlu diperjuangkan.

2

Berawal dari kebiasaan mencari informasi di internet untuk memotivasi diri saat pikiran dalam keadaan kondisi galau, bingung, jenuh dan sumpek. Bertemulah saya dengan blog – blog pribadi yang menyajikan tulisan – tulisan menarik tentang motivasi hidup yang selain menentramkan pikiran, menyejukkan hati namun juga enak untuk dibaca saat santai. Kadang sebenernya isi dari tulisan tersebut sederhana dan mungkin pokok isinyapun bukan suatu hal yang baru, namun terkemas dalam kalimat yang santun, narasinya mengalir, ungkapan bahasanya tidak berlebih lebihan (baca : tidak lebay) namun tetap jelas dan tegas maksud tujuannya. Tercermin bahwa sang penulis memahami betul apa yang dia tulis dan ingin disampaikan. Saya sangat berterima kasih kepada mereka semua.

Dari situ saya jadi kepengen bisa membuat tulisan seperti itu, yang bisa dibaca oleh banyak orang dan menjadi jalan manfaat dari Alloh bagi orang lain. Tidak hanya terbatas pada tulisan santai untuk motivasi diri namun juga tulisan ilmiah yang harapannya bisa menjadi alat bantu mempercepat penyebaran ilmu. Kebetulan saat ini saya juga sedang menuntut ilmu untuk menyelesaikan S3 saya (yang menuntut saya untuk melakukan publikasi ilmiah), jadi sangat pas saya rasa timing-nya untuk mulai berbagi dengan menulis.

Namun untuk bisa menyampaikan pengalaman maupun gagasan ataupun ilmu yang baru kita peroleh kedalam sebuah tulisan yang bagus sebagaimana saya sebut diatas, adalah tidak mudah. Perlu ilmu dan jam terbang (baca : pengalaman) yang cukup banyak. Saya sering menemui blog yang tulisannya bagus (baik isi maupun cara penyampaian), ternyata jam terbang dari penulis blog itu sudah lama alias sudah bertahun tahun. Hal itu dapat saya ketahui dari tanggal tulisan itu di-posting oleh penulis. Yang menarik bagi saya adalah, jika saya amati serta bandingkan ternyata cara penulis menyampaikan cerita/tulisan antara cerita/tulisan lama dengan cerita/tulisan baru, terdapat perbedaan yang jelas. Perbedaannya adalah, rata – rata tulisan awal dari penulis di blog, relatif kurang menarik dan kurang mengalir dan kadang lompat – lompat jalan ceritanya. Kondisi tersebut kontras dengan tulisan mereka yang baru yang lebih enak dibaca.

Dari situ saya mengambil kesimpulan bahwa kemampuan menulis merupakan suatu keterampilan yang harus diasah terus menerus, sebagaimana para penulis di blog tadi yang awalnya tulisannya kurang enak dibaca hingga kini jadi blog yg tulisannya enak dibaca dan banyak dikunjungi.

Tentu anda yang pernah menulis (setidaknya menulis skripsi saat kuliah) akan merasakan bahwa menulis memang tidak mudah. Banyak hal penting dikepala dan seakan mudah disampaikan lewat perkataan namun menjadi mampet dan susah tidak mau keluar begitu coba dituliskan.

Oleh karena itu, saya ingin memulai mengasah keterampilan menulis. Saya bercita – cita untuk bisa menulis (setidaknya) sebuah buku yang bisa menjadi jalan manfaat bagi saudara saya yang lain, baik buku yang konten ilmiah maupun konten santai. Apalagi bagi seorang muslim diajarkan bahwa sebaik – baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi yang lain. Salah satu amal yang tidak terputus pahalanya sampai Hari Akhir adalah ilmu yang bermanfaat dan cara untuk mengikat ilmu sehingga bisa menjadi lebih bermanfaat adalah dengan menulis. Terbayang banyaknya amalan yang mengalir kepada ulama dan ilmuwan muslim (seperti Imam Ghazali, Al Khawarizmi dan masih banyak lagi yang lain) yang tidak hanya menulis buku tentang science tapi juga ilmu tauhid Islam. Semoga Alloh S.W.T. Mengkaruniakan pahala yang berlimpah atas karya – karya beliau.

Dengan ini, dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya akan mulai belajar menulis. Semoga Alloh melimpahkan ridho-Nya, melapangkan jalan hamba-Nya ini, memberikan kemudahan dan keistiqomahan serta mencatat niat dan ikhtiar hamba sebagai amal ibadah yang diridhoi dihadapan-Nya… Amiiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s