Karakteristik dan Proses Terkait Indian Ocean Dipole (IOD)

Dalam usaha untuk memahami proses yang terjadi pada fenomena Indian Ocean Dipole (IOD), saya melakukan studi literatur, diantaranya dengan banyak membaca jurnal – jurnal ilmiah. Membaca literatur yang menggunakan bahasa bukan bahasa keseharian kita memang tidak mudah. Kadang baru baca 15 menit sudah bikin pening dan mengantuk 🙂 serta kadangkala susah memahami maksud suatu istilah. Seringkali istilah tersebut tidak bisa diartikan “plek” seperti mengartikan kata perkata. Namun setelah membacanya berulang – ulang sampai lecek kertas print-print-an jurnal yang saya baca, akhirnya paham juga. Namun, tak jarang saya juga gak bisa paham walau sudah beberapa minggu saya baca 😛 Sering juga setelah saya tinggal 1 bulan tidak saya baca, begitu setelah saya baca jurnal lain yang berkaitan , akhirnya saya bisa memahami jurnal tersebut. Intinya memang tidak mudah melakukan studi literatur.

Berangkat dari kondisi tersebut, saya mencoba menuliskan istilah – istilah yang sering muncul pada saat saya studi literatur mengenai IOD (yang sebelumnya telah membuat saya pening tujuh puluh keliling). Harapan saya, semoga teman – teman tidak merasakan pening dan ngantuk sebagaimana saat saya melakukan studi literatur he..he.. dan tentunya semoga teman – teman bisa lebih cepat memahami penjelasan sebuah jurnal yang mengandung istilah – istilah tersebut. (Do’akan juga semoga ini bisa menjadi sarana ibadah saya dan bisa menjadi jalan manfaat buat kita semua ya… 🙂 Amiiin)

Okay… Selamat Membaca..  Here they are :

Tinggalkan Balasan

