Bjerknes Feedback

Bjerknes feedback merupakan sebuah feedback loop positif hasil interaksi antara atmosfer dan laut. Feedback ini selain terjadi di Indian Ocean juga terjadi di wilayah Pasifik. Saat terjadi, feedback ini akan memperkuat proses pertumbuhan IOD.

Runtutannya kejadiannya begini. Sebagaimana kita ketahui, munculnya peningkatan easterly di wilayah laut sekitar Sumatera-Jawa akan memberikan beberapa efek, yaitu 1) terjadinya pendangkalan thermokline di wilayah eastern Indian Ocean, 2) meningkatkan arus laut ke arah barat dan juga 3) memperkuat terjadinya upwelling. Kondisi tersebut menjadikan wilayah timur lebih dingin (karena adanya proses upwelling) sedangkan wilayah barat menjadi lebih hangat (karena adanya arus yang bergerak ke arah barat yang menjadikan penumpukan massa air hangat di wilayah barat, disamping thermoklin yang juga menjadi lebih dalam). Rangkain kondisi tersebut memicu munculnya perbedaan temperatur permukaan laut antara wilayah timur dengan wilayah barat (gradien SST).

Terbentuknya gradien SST ini akan memicu terjadinya pergeseran wilayah konveksi atmosfer ke sebelah barat Indian Ocean (baca ini untuk kondisi normalnya) dan juga akan memperkuat easterly wind yang terjadi di wilayah sekitar pantai Sumatera-Jawa. Pergeseran wilayah konveksi tersebut juga dapat menjadikan wilayah equatorial Indian Ocean yang sebelumnya berupa angin baratan menjadi angin timuran.

Bjerkness feedback meliputi serangkaian feedback lain yang saling berkaitan, diantaranya yaitu thermokline-SST feedback, zonal wind-zonal SST feedback dan beberapa proses feedback lainnya.

Reff. :

  • Cai,et.al.,2013. Projected Response of the Indian Ocean Dipole to Greenhouse Warming. Nature Geoscience
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s