.bashrc

Saat kita meng-install sebuah aplikasi di Linux menggunakan command prompt (Terminal), biasanya kita harus masuk dahulu ke folder dimana aplikasi kita letakkan, kemudian kita panggil nama aplikasinya.

Sebagai contoh, saya menginstall aplikasi Matlab yang saya taruh di direktori “/usr/local/MATLAB/R2014a/”. Letak file matlab yang perlu kita eksekusi jika kita ingin menjalankan Matlab ada di direktori “/bin”. Jadi saya harus masuk ke direktori “/usr/local/MATLAB/R2014a/bin/” dan selanjutnya saya panggil nama file “matlab”, baru setelah itu aplikasi akan berjalan.

Rasanya, agak terasa kurang praktis jika kita harus masuk lokasi folder tertentu dahulu, setiap kita akan menjalankan aplikasi tersebut. Belum lagi terkadang letak file eksekutornya ada didalam direktori yang panjang namanya.

Ada cara, dimana kita tanpa perlu masuk ke folder tempat aplikasi terinstal dan kita tetap bisa menjalankan aplikasi yang diinginkan. Dengan kata lain kita bisa memanggil aplikasi yang kita inginkan, dari mana saja posisi kita berada.

Caranya adalah dengan menjalankan perintah “export PATH=$PATH:”. Maka kita akan bisa memanggil file eksekutornya dari manapun posisi kita berada. Hal ini dikarenakan perintah diatas, mengatur environment sehingga system Linux mengenali dan mengetahui lokasi dimana file yang ingin kita eksekusi.

Walau begitu ada kendala dimana jika kita menutup Terminal dan kemudian membuka Terminal baru lagi, maka efek dari perintah diatas akan hilang alias kita harus megetik lagi perintah diatas. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita perlu menuliskan perintah tersebut di file “~/.bashrc”.

Jadi yang perlu kita lakukan adalah (contoh kasus aplikasi Matlab saya diatas) :

1. Dengan akses sebagai root, buka file “~/.bashrc”
2. Tambah pada bagian paling bawah dari file tersebut
“export PATH=$PATH:/usr/local/MATLAB/R2014a/bin/”
3. Simpan
4. Selesai

Maka setiap anda mengetikkan “matlab” dimanapun posisi anda berada, maka aplikasi Matlab akan dijalankan (bahkan saat Terminal kita tutup dan buka kembali).

Demikian pengalaman yang dapat saya bagi. Jika ada yang salah atau mungkin masukan terkait postingan saya, silahkan berikan komentar. Saya sangat mengapresiasi jika ada yang berkenan berkomentar.

Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s